Zona Integritas KUA Kecamatan Pandeglang

News2202a

Selasa, 21 Februari 2017, 21:06

Kerjasama Bank Mandiri Syariah, DWP Kemenag Salurkan Bantuan Pendidikan


Sankan Hurip (Masdatin) --- Keberpihakan dalam memperluas akses pendidikan bisa dilakukan kapan dan di masa saja serta oleh siapa saja, termasuk Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama.
Bekerjasama dengan Bank Mandiri Syariah, DWP Kemenag menyalurkan bantuan pendidikan kepada lembaga pendidikan yang dinilai layak mendapatkannya. Direncanakan bantuan itu akan disalurkan ke 6 Provinsi, dan salah satunya diberikan kepada Raudhatul Atfal Sangkan Hurip Kuningan, Jawa Barat.
Hari sudah menjelang siang, saat rombongan DWP Kemenag tiba di RA Sangkan Hurip. Kamis, 9 Februari 2017, penasihat DWP Kemenag Trisna Willy Lukman Hakim beserta rombongan menyapa generasi bangsa yang sedang asik belajar, meski di ruang-ruang yang penuh keterbatasan.

Di ruangan yang tidak terlalu luas, 68 siswa itu belajar, merajut asa untuk masa depan mereka bersama 6 guru dan satu kepala. Minim fasilitas pendidikan tentunya, karena ruang itu sejatinya bukan milik sekolah, tapi numpang di gedung PKK. Rak-rak buku pun disusun sebagai pembatas antara kelas satu dengan lainnya.
Setiap bulan, para siswa hanya membayar biaya pendidikan sebesar Rp20ribu. Itupun, jika ada yang tidak mampu, digratiskan. Kebutuhan operasional mengandalkan bantuan sumbangan sukarela dari orang tua murid setiap tahunnya.
Dengan segala keterbatasannya, prestasi para siswa justru terasah. Ruang kelas yang sempit seakan tidak mampu membatasi semangat mereka untuk berprestasi. Sejumlah penghargaan telah diraih, antara lain juara 1 Paskibra, lomba tari, lomba Shalawat antar Guru di Kabupaten Kuningan. Hebatnya, jebolan RA Sangkan Hurip umumnya berprestasi saat melanjutkan ke pendidikan dasar.
Menyapa para pejuang pendidikan dan calon pemimpin bangsa, Trisna Willy Lukman Hakim berpesan untuk tetap menjaga semangat. Menurutnya, pembangunan mental dan moral anak sangat penting dan ruang-ruang kelas sempit ini diharapkan bisa menjadi kawah candradimuka.
Trisna Willy berharap seiring berjalannya waktu, pembangunan mental handal di RA Sangkan Hurip ini juga bisa diikuti dengan pembangunan fisik sekolah sehingga fasilitas dan ruang belajarnya semakin memadai. Dari situ, proses belajar mengajar diharapkan akan berjalan dengan nyaman.
Bantuan pendidikan dari Bank Mandiri Syariah diserahkan oleh Ketua DWP Kemenag Indah Nur Syam. Dalam sambutannya, Indah berharap bantuan yang diberikan juga dapat membuka jalan datangnya bantuan lainnya sehingga mimpi memiliki gedung sekolah yang baik dapat terwujud. (susanbinsasi/gina/mkd)